14 December 2011

TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN


Havighurst (dalam Yusuf, 2010:65) mengartikan tugas-tugas perkembangan sebagai berikut.

a developmental task is a task which arises at or about a certain period in the life of the individual, successful achievement of which leads to his happiness and to success with later task, while failure leads to unhappiness in the individual, disapproval by society, and difficulty with later task


Maksudnya, bahwa tugas perkembangan itu merupakan suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan tugas berikutnya, sementara apabila gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan-kesulitan dalam menuntaskan tugas-tugas berikutnya.

Munculnya tugas-tugas perkembangan bersumber pada faktor-faktor berikut.
1.    Kematangan fisik
Misalnya:
a.    belajar berjalan karena kematangan otot-otot kaki
b.    belajar bertingkah laku, bergaul dengan jenis kelamin yang berbeda pada masa remaja karena kematangan organ-organ seksual
2.    Tuntutan masyarakat secara kultural
Misalnya:
a.    belajar membaca
b.    belajar menulis
c.    belajar berhitung
d.   belajar berorganisasi
3.    Tuntutan dari dorongan cita-cita individu sendiri
Misalnya:
a.    memilih pekerjaan
b.    memilih teman hidup
4.    Tuntutan norma agama
Misalnya:
a.    taat beribadah kepada Tuhan
b.    berbuat baik kepada sesama manusia

Tugas-tugas Perkembangan pada Usia Bayi dan Kanak-kanak (0—6 tahun)
1.    Belajar berjalan
2.    Belajar memakan makanan padat
3.    Belajar berbicara
4.    Belajar buang air kecil dan buang air besar
5.    Belajar mengenal perbedaan jenis kelamin
6.    Mencapai kestabilan jasmaniah fisiologis
7.    Membentuk konsep-konsep (pengertian) sederhana kenyataan sosial dan alam
8.    Belajar mengadakan hubungan emosional dengan orang tua, saudara, dan orang lain
9.    Belajar mengadakan hubungan baik dan buruk, yang berarti mengembangkan kata hati

Tugas-tugas Perkembangan pada Masa Sekolah (6—12 tahun)
1.    Belajar memperoleh keterampilan fisik untuk melakukan permainan
2.    Belajar membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis
3.    Belajar bergaul dengan teman-teman sebaya
4.    Belajar memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
5.    Belajar keterampilan dasar dalam membaca, menulis, dan berhitung
6.    Belajar mengembangkan konsep sehari-hari
7.    Mengembangkan kata hati
8.    Belajar memperoleh kebebasan yang bersifat pribadi
9.    Mengembangkan sikap yang positif terhadap kelompok sosial dan lembaga-lembaga

Tugas-tugas Perkembangan Remaja
William Kay (dalam Yusuf, 2010:72) mengemukakan tugas-tugas perkembangan remaja sebagai berikut.
1.    Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya
2.    Mencapai kemandirian emosional dari orang tua atau figur-figur yang mempunyai otoritas
3.    Mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang lain, baik secara individual maupun kelompok
4.    Menemukan manusia model yang dijadikan identitasnya
5.    Menerima dirinya sendiri dan memiliki kepercayaan terhadap kemampuannya sendiri
6.    Memperkuat self-control (kemampuan mengendalikan diri) atas dasar skala nilai, prinsip-prinsip atau falsafah hidup
7.    Mampu meninggalkan reaksi dan penyesuaian diri (sikap/perilaku) kekanak-kanakan
Havighurst (dalam Yusuf, 2010:74) mengemukakan tugas-tugas perkembangan remaja sebagai berikut.
1.        Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya
2.        Mencapai peran sosial sebagai pria atau wanita
3.        Menerima keadaan fisik dan menggunakannya secara efektif
4.        Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
5.        Mencapai jaminan kemandirian ekonomi
6.        Memilih dan mempersiapkan karier (pekerjaan)
7.        Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga
8.        Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara
9.        Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
10.    Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai petunjuk/pembimbing dalam bertingkah laku
11.    Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa


Sumber:
Yusuf, Syamsu. 2010. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

No comments:

Post a Comment

Free Butterfly Cursors at www.totallyfreecursors.com